Firewall - Bloking Web / Konten

Assalamu'alaikum WR.WB. Mahfudz pengen berbagi ilmu apa itu blok web menggunakan MikroTik dan bagaimana cara mengkonfigurasikannya.

1. PENGERTIAN
Mikrotik memliki banyak fitur dalam urusan firewall. Contohnya adalah blocking. Pada pembahasan ini, kita akan membahas bagaimana caranya membuat blocking berdasarkan Konten (kata). Blokir web / konten adalah aksi yang dilakukan seseorang biasanya server untuk membatasi hak penggunaan internet untuk Client. Kita juga akan menggunakan salah satu fitur yang ditawarkan MikroTik yaitu firewall.


B. LATAR BELAKANG
Memudahkan kita terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan jika telah kita blok web nya.
C. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • RouterBoard
  • Kabel LAN
  • Winbox
D. TUJUAN
Membatasi hak dari pengguna dalam melakukan searching / pembukaan halaman web.

E. JANGKA WAKTU
Waktu yang kita butuhkan dalam melakukan bloking konten memakan waktu sekitar 10 menit.

F. PELAKSANAAN
1. Untuk konten yang kita blok  detik terlebih dahulu dan parameter yang dikonfigurasi adalah chain: forward, Content: detik dan action: drop.



 2. Kita coba buka web yang telah kita blog tadi.
3. Untuk konten yang kita blok juga adalah kompas dan parameter yang dikonfigurasi adalah chain: forward, Content: kaskus dan action: drop.


4. Hasil dari parameter chain : forward , Content : kompas dan Action : drop.
5. Kita coba buka web yang kita blok yang kedua yaitu kompas.
Jika hasil dari searching-an kita seperti yang di atas maka bloking web / konten kita berhasil. Dan sebaliknya jika hasil dari searching-an kita masuk ke dalam halaman web-nya maka bloking konten-nya belum berhasil. Jika belum Baerhasil lakukan secara terus-menerus sampai kamu tahu dimana letak kesalahanmu dan bagaimana cara menyelesaikannya.

G. HASIL DAN KESIMPULAN
Kita bisa membatasi Client kita agar tidak melakukan hal yang melanggar syareat agama. Sehingga tanpa di perlukannya monitoring client pun telah terjaga dan terkondisikan.

H. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Blokir_(Internet)
http://mahfudz4.blogspot.co.id/