Assalamu'alaikum WR.WB. Kita lanjut ke step selanjutnya dalam menjadi Orang IT yang Profesional. Yaitu membahas Manajemen Proyek.
A. PENGERTIAN
Manajemen Proyek adalah Berasal dari 2 kata yaitu "Manage" dan "Proyek". Manage adalah mengelola dan Proyek adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan waktu yang telah ditentukan dan mampu mencapai hasil / sasaran yang jelas. Jadi Manajemen proyek adalah Pengelolaan Dari rangkaian kegiatan yangdilakukan dengan waktu yang telah ditentukan dan mampu mencapai sasaran yang jelas.
B. PRINSIP UMUM MANAJEMEN PROYEK
Dibagi menjadi 4 bagian :
Pada proses planning perlu diketahui hal-hal sebagai berikut :
Dalam proses manajemen, organisasi berfungsi untuk :
Berikut ini beberapa metoda mensukseskan “actuating” yang
dikemukakan oleh George R. Terry, yaitu:
A. PENGERTIAN
Manajemen Proyek adalah Berasal dari 2 kata yaitu "Manage" dan "Proyek". Manage adalah mengelola dan Proyek adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan waktu yang telah ditentukan dan mampu mencapai hasil / sasaran yang jelas. Jadi Manajemen proyek adalah Pengelolaan Dari rangkaian kegiatan yangdilakukan dengan waktu yang telah ditentukan dan mampu mencapai sasaran yang jelas.
B. PRINSIP UMUM MANAJEMEN PROYEK
Dibagi menjadi 4 bagian :
- Planning
- Organizing
- Actuating
- Controling
- PLANNING
Pada proses planning perlu diketahui hal-hal sebagai berikut :
- Permasalahan yang terkait dengan tujuan dan sumber daya yang tersedia.
- Cara mencapai tujuan dan sasaran dengan memperhatikan sumber daya yang tersedia.
- Penerjemahan rencana kedalam program-program kegiatan yang kongkrit.
- Penetapan jangka waktu yang dapat disediakan guna mencapai tujuan dan sasaran.
- ORGANIZING
Dalam proses manajemen, organisasi berfungsi untuk :
- menjamin terpeliharanya koordinasi dengan baik.
- membantu pimpinannya dalam menggerakkan fungsi-fungsi manajemen.
- mempersatukan pemikiran dari satuan organisasi yang lebih kecil yang berada di dalam kordinasinya.
- koordinasi vertikal (menggambarkan fungsi komando), Koordinasi antara Karyawan dengan atasan / supervisor.
- koordinasi horizontal (menggambarkan interaksi satu level), Koordinasi antara karyawan dengan karyawan : dan
- koordinasi diagonal (menggambarkan interaksi berbeda level tapi di luar fungsi komando) Koordinasi antara karyawan / petugas dari perusahaan dengan client.
- ACTUATING
Berikut ini beberapa metoda mensukseskan “actuating” yang
dikemukakan oleh George R. Terry, yaitu:
- Hargailah seseorang apapun tugasnya sehingga ia merasa keberadaannya di dalam kelompok atau organisasi menjadi penting.
- Instruksi yang dikeluarkan seorang pimpinan harus dibuat dengan mempertimbangkan adanya perbedaan individual dari pegawainya,
- hingga dapat dilaksanakan dengan tepat oleh pegawainya.Perlu ada pedoman kerja yang jelas, singkat, mudah difahami dan dilaksanakan oleh pegawainya.
- CONTROLLING
- Ruang lingkup kegiatan controlling mencakup pengawasan atas seluruh aspek pelaksanaan rencana, antara lain adalah:
- Produk pekerjaan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif Seluruh sumber-sumber daya yang digunakan (manusia, uang , peralatan, bahan)
- Prosedur dan cara kerjanya
- Kebijaksanaan teknis yang diambil selama proses pencapaian sasaran.