Membangun WEB SERVER di LAMP (localhost) - Install Apache2

Assalamu'alaikum WR.WB. Tidak hanya di server saja yang bisa di Install WEB SERVER tetapi di Laptop (localhost). Kita simak pembahasan berikut ini.

A. PENGERTIAN
SERVER adalah Peladen / bisa disebut juga dengan service yang memberikan pelayanan bagi  penggunanya.


WORLD WIDE WEB, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW atau bisa juga kita bilang WEB adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.[

WEB SERVER adalah layanan yang menyediakan WWW bagi pengguna yang mengaksesnya.

LAMP adalah Linux Apache MariaDB / Mysql dan PHPmyadmin.
dalah istilah yang merupakan singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.
Komponen-komponen dari LAMP :
B. LATAR BELAKANG
Latar belakang penginstallan Apache2 adalah sebagai pintu gerbang dari WEB SERVER.

C. ALAT DAN BAHAN
System dari laptop kita sudah paling terupdate. Indikasinya adalah perisai yang ada di pojok kanan bawah layar monitor sudah terdapat tanda centang.

D. TUJUAN
Terbangunnya WEB SERVER yang ingin kita bangun.

E. JANGKA WAKTU
Waktu yang di habiskan untuk menginstall Apache2 hanya sekitar 10 menit. Bahkan bisa jadi tidak mencapai waktu tersebut.

F. PELAKSANAAN
1. Syntax untuk menginstall "apache2". 'apt-get install apache2'.
2. Ketika kita mengistall apache2, pasti ada file yang muncul di localhost kita. letak file tersebut ada di /var/www/html. yaitu 'index.html'.
3. Kita akan mengubah title dari index.html ini. Title itu yang berwarna kuning di bawah tab apachenya. Menjadi sesuka kita.
4. Edit di 'nano /var/www/html/index.html'.
5. Kita juga bisa mengubah semua isi dari "index.html" ini tetapi kali ini saya akan mengawalinya dengan hanya mengubah tab dan titlenya pada halaman "index.html" ini.
5. Kita ubah sesuka hati kita.
6. Coba dekatkan kursor kita ke tab localhost. Maka akan berhasil.

G. HASIL DAN KESIMPULAN
Kita sudah membuka gerbang antara client, bahasa pemrograman dan Database.

H. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/LAMP