Memonitoring Server Menggunakan Monitorix

Assalamu'alaikum WR.WB. Setelah kita menginstall server, jangan lupa untuk menginstall aplikasi yang bisa di gunakan untuk memonitoring kondisi fisik server kita. Kali ini mahfudz akan membahas tentang hal itu.

A. PENGERTIAN
MONITORIX adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk membantu administrator server dalam memantau kondisi fisik server atau dalam bahasa jaringannya disebut dengan monitoring (pemantauan).

B. LATAR BELAKANG
Latar belakang saya menginstall monitorix ini adalah memudahkan saya dalam memantau fisik server yang saya gunakan. 

C. TUJUAN
Tujuan saya menginstall monitorix adalah agar saya (administrator server) mudah memantau perkembangan dan penurunan performa dari fisik server saya sendiri.

D. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop (untuk meremote)
  • Koneksi internet
  • Fisik server (yang sudah di install VM dan VM nya di-install monitorix)
E. JANGKA WAKTU
Waktu yang saya habiskan untuk menginstall monitorix ini hanya sekitar 5 - 10 menit saja.

F. PELAKSANAAN
Link untuk mendownload monitorix DISINI.
2. Ketikkan perintah dibawah ini.
wget http://www.monitorix.org/monitorix_3.9.0-izzy1_all.deb
3. Tunggu sampai proses wget selesai.
4. Kemudian packet monitorixnya di INSTALL. Karena ekstensi dari packet monitorix adalah ".deb" maka menggunakan perintah dpkg.
dpkg -i monitorix_3.9.0-izzy1_all.deb
5. Tunggu lagi sampai proses install monitorix selesai.
6. Monitorix ini memerlukan dependensi yang harus di INSTALL terlebih dahulu. Dibawah ini packet dependensi yang harus di INSTALL.
lihat aja sendiri dibawah!!
7. Jika keluar error seperti dibawa ini. Anda jangan panik. Itu hanyalah perintah untuk menginstall "yang diblok".
8. Kemudian lakukan ulang penginstallan monitorix.
9. Maka monitorix akan sudah terinstall.

G. HASIL DAN KESIMPULAN
Saya jadi bisa memonitoring / memantau performa VM dan Fisik server saya sendiri. Dan kita juga bisa menginstall aplikasi yang bisa memonitoring (monitorix).

H. PENUTUP
Penginstallan monitorix ini sangatlah di rekomendasikan karena kita bisa memantau fisik server dan VM kita secara intensif.
Wassalamu'alaikum WR.WB.