Membangun FTP SERVER di LAMP (localhost)

Assalamu'alaikum WR.WB. Serlah kita menginstall apache2. Kita lakukan instalasi FTP server.

A. PENGERTIAN
FTP adalah File Transfer Protocol dalam bahasa indonesia artinya adalah Protokol Transfer Berkas. Jadi FTP adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer data / berkas. Ketika kita mendownload file dari suatu tempat, maka kita menggunakan salah satu kegunaan FTP.

SERVER adalah Peladen / bisa disebut juga dengan service yang memberikan pelayanan bagi  penggunanya.

B. LATAR BELAKANG
Latar belakang saya membangun FTP SERVER adalah Agar saya bisa mengupload dan mendownload file dari server (server yang menyediakan layanan FTP).

C. ALAT DAN BAHAN
  • System dari laptop kita sudah paling terupdate. Indikasinya adalah perisai yang ada di pojok kanan bawah layar monitor sudah terdapat tanda centang.
  • Akses internet (bila perlu).
D. TUJUAN
Tujuan saya membangun FTP SERVER adalah berbagi file sekaligus menerima file. Syarat dari kalimat pertama adalah antara server dengan clientnya tetap terhubung (satu segmen). Apabila FTP SERVER yang kita miliki bisa di akses oleh umum / internet maka kita harus memerlukan IP PUBLIK.

E. JANGKA WAKTU
Waktu yang saya gunakan untuk membangun FTP SERVER ini hanya sekitar 10 menit.

F. PELAKSANAAN
1. Syntax ( perintah ) untuk menginstall FTP SERVER adalah "apt-get install proftp". Ketika kita tekan 'tab' pada saat penulisan proftpd maka akan menjadi proftpd- maka - dari setelah d, dihapus.

2. Kita pilih yang 'standalone'.
3. Kita panggil FTP kita melalui browser dengan mengetikkan 'ftp://localhost' atau bisa juga dengan cara mengetikkan 'ftp://127.0.0.1'. IP 127.0.0.1 adalah IP khusus untuk localhost / IP loopback.
4. Pasti akan muncul perintah untuk memasukkan 'username' dan 'password'. Pada sebagian besar hasil dokumentasi yang mendokumentasikan FTP server maka ada tahap untuk membuat user baru denan perintah 'adduser "nama_user"'. Padahal dengan kita tidak membuat user baru kita sudah bisa masuk ke FTP SERVER. Tinggal masukkan saja user name laptop (bisa lihat di nama direktori HOME). Dan masukkan PASSWORD, passwordnya laptop.
5. Maka akan muncul tampilan seperti ini. Kenapa halaman FTP SERVER kita sudah banyak isinya sedangkan kita belum memasukkan apa pun kedalam FTP SERVER yang baru saja kita buat. JAWABANNYA ADA DIBAWAH!!.
6. Jadi jawabannya adalah gambar dibawah ini. Tampilan dari 'ftp://localhost' adalah isi dari DIRECTORY HOME kita.

G. HASIL DAN KESIMPULAN
Kita bisa membuat FTP SERVER yang mana FTP SERVER ini dapat di gunakan untuk membagi File. Dan kita juga bisa melanjutkan tahapan dari membangun LAMP server.

H. REFERENSI
http://zahwawa.blogspot.co.id/2017/01/instal-ftp-server-di-debian-server.html