Komponen Jaringan

Assalamu'alaikum WR.WB. Kali ini Raghib bakan ngasih tahu sedikit tentang Peralatan Jaringan.

A. PENGERTIAN
Jaringan adalah sekumpulan peralatan atau komputer yang saling dihubungkan untuk berbagi sumber daya. Jika kita ingin menghubungkan sesuatu maka harus ada peralatannya/bendanya yang ingin kita hubungkan begitu juga dengan jaringan yang memiliki peralatan jaringan.

B. KOMPONEN JARINGAN
Komponen jaringan pada umumnya :
1. NIC (Network Internet Card)

NIC (network interface card) adalah expansion board yang digunakan supaya komputer dapat dihubungkan dengan jaringan. Sebagian besar NIC dirancang untuk jaringan, protokol, dan media tertentu. NIC biasa disebut dengan LAN card (Local Area Network Card).
LAN Card yang secara umum dipakai, berbasis teknologi Ethernet.
Ethernet LanCard jenisnya ada dua :
1. 10/100 BaseT
Bekerja di kecepatan maksimal10mbps sampai 100mbps
2. Gigabit Lan
Bekerja di kecepatan maksimal 1000mbps/1 gbps
Tipe konektor LanCard ada dua :
1. BNC : Digunakan untuk kabel tipe Coaxial.
2. RJ-45/RJ-11 : Digunakan kabel tipe UTP/STP.

2. Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa ( carrier ) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

3. Komputer/PC/Laptop


Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Komponen pada komputer :
  1. Processor
  2. Memory
  3. Motherboard
  4. Casing
  5. Power Suplay
  6. CDRom
  7. Monitor
  8. VGA
  9. Hardisk
4. Switch/ HUB


Switch/HUB Secara fisik sama, kegunaan secara umum pun sama yaitu menghubungkan antara device jaringan dan/atau antara komputer dalam jaringan. Tetapi sebenarnya cara kerjanya berbeda jauh. Karena Switch sudah mengetahui MAC address dan MAC address bekerja di Layer 2, jadi bisa mengetahui penerima paket tanpa harus mengirim broadcast terlebih dahulu seperti HUB.

5. Router
Router adalah perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring.  Router minimal memiliki 2 network interface. Koneksi berbeda subnet hanya bisa dihubungkan oleh router.


C.HASIL DAN KESIMPULAN

Komponen jaringan pada umumnya ada 5 yaitu, router, switch/hub, end device, NIC dan modem.

D.REFERENSI

http://www.catatanteknisi.com/2011/05/pengertian-cara-kerja-router.html