Straight Crossover dan Console

Assalamu'alaikum WR.WB. Mahfudz dateng LAgi buat yang kesekian kalinya yang bakal ngasih tau sedikit tentang kabel straight crossover dan console.


A.PENGERTIAN

1. Kabel Straight adalah kabel yang menggunakan ujung kabel yang sama jika ujung satu menggunakan model A maka ujung yang satu lagi menggunakan kabel model A, dan sebaliknya jika ujung satu model B maka ujung yang lain juga B. Kabel Straight digunakan untuk menyambungkan device yang berbeda.
contohnya :  router dengan switch, switch dengan PC, PC dengan router.




2. Kabel Crossover adalah kabel yang menggunakan model ujung kabel yang  berbeda jika ujung satu menggunakan model A maka ujung yang satu lagi menggunakan kabel model B, dan sebaliknya jika ujung satu model B maka ujung yang lain juga A. Kabel Crossover digunakan untuk menyambungkan device yang sama.
contohnya : router deng router, switch dengan switch, PC dengan PC.




3. Kabel Console adalah kabel yang ujungnya konektor RJ-45 dan VGA. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan router dengan PC/laptop.






B. PERBEDAAN
1.Kabel straight menggunakan kabel dengan ujung yang satu model A dan ujung yang lain model A. Kabel crossover menggunakan kabel dengan ujung yang satu model B dan ujung yang lain model A. Dan kabel console menggunakan kabel yang ujungnya RJ-45 dan VGA.
2. Straight digunakan untuk menghubungkan devica yang berbeda. Crossover untuk menghubungkan device yang sama. Dan console untuk menghubungkan router dengan PC.
3. Konektor yang digunakan. Straight menggunakan konektor RJ-45/RJ-11. Crossover sama seperti Straight. Dan console menggunakan RJ-45 dan VGA.

C. KELEBIHAN
1.Straight : Mampu menghubungkan device yang berbeda.
2.Crossover : Mampu meghubungkan device yang  sama.
3.Console : Mampu menghubungkan Router dengan PC langsung tanpa ada perantara dari Switch/HUB.

D.HASIL DAN KESIMPULAN
Kita bisa mengetahui perbedaan dan kelebihan dari kabel straight, crossover dan console.

E. REFERENSI
http://mahfudz4.blogspot.co.id/2017/05/straight-crossover-dan-console.html