Konfigurasi PPPoE

Assalamu'alaikum WR.WB. Kita akan melanjutkan yang kemarin. kemarin kita baru sampai mengetahui pengertiannya saja sekarang kita mengimplementasikan PPPoE itu sendiri.

A. PENGERTIAN
1. Untuk pengertian bisa lihat disini 

B. LATAR BELAKANG
Mengamankan jaringan local. 

C. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • RouterBoard
  • Kabel LAN
  • Winbox
D. TUJUAN
Terbentuknya jaringan yang secure (aman).

E. JANGKA WAKTU
Waktu yang kita butuhkan sekitar 20 menit.

F. PELAKSANAAN
1. Seperti biasa. Kita buat Topologi terlebih dahulu.
 2. RB membuat IP address yang nantinya menjadi patokan untuk IP client.
 3. Setting IP Laptop yang satu segmen dengan IP RB. Tidak di setting juga tidak masalah karena nantinya IP laptop akan diubah menjadi mode DSL.
 4. sekarang kita konfigurasikan PPPoE server. Buat profile. Dengan nama terserah. Isikan juga Local address dengan mengisikan IP RB. dan isi kan remote address IP client / laptop.
5. Nama dan password yang kita isi harus sama nantinya dengan nama dan password yang di isi di DSL.
6. Nama nya terserah. Interface ini port yang mengarah ke Client. Jangan lupa untuk memasukkan profil yang sudah kita buat tadi di default profile
7. Sekarang kita konfigurasi untuk Client. Nama juga bebas. Dan isikan juga Interface yang mengarah ke Laptop
8. Nama service bebas.  User dan Password harus sama dengan yang tadi di isi di bagian secrets. Jangan lupa masukkan juga profil yang di buat ketika awal konfigurasi.
9. Buat DSL. Dengan user dan paswordnya sama dengan yang di konfigurasikan di Server. sebelum kita lanjut tau ga sih apa itu DSL??.  DSL adalah Digital subscriber line (disingkat DSL) adalah teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat. Biasanya kecepatan unduh dari DSL berkisar dari 128 kb/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan unggah DSL lebih rendah dari unduh versi ADSL dan sama cepat untuk SDSL.
10. Koneksikan ke DSL yang sudah kita atur tadi. Pasti akan mendapatkan IP DHCP / otomatis.
11. Winbox yang tadi kita masuki pasti akan keluar dan tidak bisa masuk lagi karena settingan winbox tersimpannya di gua bukan di DSL.
12. Coba cek IP dengan ifconfig.  Pasti akan ada IP ppp nah itu adalah IP pppoe.
13. Coba PING IP gateway / IP RB.

G. HASIL DAN KESIMPULAN
Terjaganya Client kita karena kita sudah menggunakan PPPoE. Point to Point itu hubungan langsung antara dua node jaringan. 

F. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Digital_subscriber_line