Memperbaiki SSH yang Tidak Bisa di Remote - Debian 8.6

Assalamu'alaikum WR.WB. Kita sering mengalami permasalahan seperti ini ketika kita telah membuat ssh dengan IP yang serupa maka akan muncul permasalahan seperti yang ada di bawah ini.

A. PENGERTIAN
SSH adalah aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin. Akan tetapi SSH ini memiliki keunggulan, yang mana keunggulan itu adalah aplikasi yang memiliki keamanan yang sanagat kuat karena SSH ini sudah menggunakan media enskripsi. Tidak seperti telnet yang hanya memiliki keamanan yang biasa-biasa saja bahkan bisa sampai di katakan tidak aman.

B. LATAR BELAKANG
Latar belakang dari kegiatan saya kali ini adalah masalah ini sering terjadi bagi administrator jaringan yang kerjanya jadi saya memberikan solusi dari salah satu masalah yang akan terjadi kepada pekerjaannya. Aplikasi peremotenya yang tidak bisa digunakan.

C. TUJUAN
Tujuan saya dari memperbaiki SSH yang tidak bisa di remote adalah agar administrator jaringan kembali bisa melakukan pekerjaannya dalam hal meremote (server misalnya).

D. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • Koneksi internet (karena kita akan meremote server, dan mengakses server membutuhkan akses internet).
E. JANGKA WAKTU
Waktu yang saya habiskan untuk memperbaiki SSH ini hanya 5 -10 menit saja.

F. PELAKSANAAN
WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED!
1. Kita diminta untuk menghapus 
remove with: ssh-keygen -h "/home/mahfudz/.ssh/known_hosts"
MENGAPA KELUAR PERINGATAN SEPERTI YANG DIBAWAH
Karena kita pernah melakukan ssh (meremote) juga menggunakan IP yang sama namun pada server yang berdeda, misalnya, kita install ulang proxmox kita, tetapi ketika kita membuat VM baru menggunakan IP yang sama dengan sebelumnya. MAKA PERINGATAN INI AKAN MUNCUL DAN KITA HARUS MENGHAPUS APA YANG TELAH DIPERINTAHKAN OLEH PERINGATANNYA.
2. Kita masukkan perintah sesuai dengan peringatanan diatas.
3. Ketika file-nya telah kita hapus maka kita bisa meremote kembali SSH kita seperti sedia kala.
4. Masukkan password dari SSH (VM Debian 8.6) kita. Password ini bukanlah password root dari debian. Melainkan adalah pasword user biasa. untuk masuk ke root kita masukkan perintah "su" dan kemudian masukkan password dari root yang dibuat ketika menginstall debian 8.6.

G. HASIL DAN KESIMPULAN
Kita bisa mengatasi masalah diatas. Dan kita bisa menggunakan remote SSH kembali seperti sedia kala.